Penyakit Langka, Tak Membuat Mahasiswi FISIP USU ini Menyerah Dapatkan Pendidikan

Darikursi roda, Sondang Novita Sitanggang, menjalani perkuliahan hingga 5 semester sebagai Mahasiswi FISIP USU. Menggunakan kursi roda terpaksa dijalani Sondang setelah dirinya didiagnosa mengidap penyakit Neurofibromatosis yang melumpuhkan syaraf motorik kakinya. Penyakit tersebut telah melumpuhkan syaraf motorik kaki Sondang Novita sejak dirinya masih duduk di bangku SMP, sehingga kondisinya yang lemah, harus membuat Sondang tertinggal 3 tahun dari teman-teman sebayanya. Tetapi tekadnya sangat kuat untuk melanjutkan sekolah, walaupun harus menjalani serangkaian perawatan medis.
“Aku tetap semangat dan ingat impian almarhumah mamaku yang ingin aku sarjana. Saat mereka (teman-temannya) sudah pakai rok abu-abu, aku masih pakai rok biru,” kisah Sondang. Semangat yang kuat disertai kecerdasan yang mumpuni, membuatnya mampu melanjutkan pendidikan sampai ke jenjang perguruan tinggi. Sondang yang saat ini terdaftar sebagai sebagai mahasiswi semester V Jurusan Ilmu Politik FISIP USU, memiliki sebuah Ungkapan Latin yang berbunyi  “dum spiro spero (selama aku hidup aku tak akan menyerah)” sbagai api yang terus mengobarkan semangat. “Kalimat inilah yang memotivasiku untuk meneruskan langkah, ternyata kondisiku tak dapat membatasiku untuk mencari-cari alasan. ” ungkap Sondang.
Sondang Novita Sitanggang, gadis kelahiran Balige, 29 Januari 1990 ini mengidap penyakit langka neurofibromatosis tipe 2. Namun demikian, gadis yang mengagumi Anies Baswedan ini memiliki cita – cita mulia yaitu, kelak dirinya ingin membantu orang – orang yang memiliki kekurangan seperti dirinya untuk dapat melanjtukan pendidikan. Saya ingin sampaikan bahwa saya ngefans berat sama Pak Anies Baswedan.
“nanti mau foto bareng, bisa? hehehe..”, ungkapnya dalam satu tanyajawab di kampus USU (22 Januari 2014) dengan Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah Kabinet Kerja 2014 itu. Saat itu, Pak Anies mengangguk tersenyum manis.
 “Awalnya aku memilih Jurusan Politik hanya untuk coba-coba, eh ternyata lulus. Tuhan memang luar biasa, aku dipertemukan dengan teman-teman dengan jiwa sosial tinggi yang belum tentu kudapat dijurusan lain. Beruntung aku masih bisa kuliah, seorang teman berkebutuhan khusus seperti saya yang juga ingin kuliah, namun tak dapat kesempatan. Dari situ aku berpikir, mungkin ini rencana Tuhan menempatkan aku di jurusan politik ini, agar dapat menyuarakan keinginan mereka. Aku ingin membuka mata pemerintah dan pihak universitas bahwa orang-orang difabel juga punya keinginan untuk maju, kami juga bisa,” tuturnya optimis.
“Baiklah, topik yang ingin saya tanyakan, menyangkut sila ke-5 Pancasila, bunyinya “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Saya ingin bercerita sedikit Pak (Anies), tentang fasilitas umum, infrastruktur, sarana dan prasarana umum yang kurang memadai dan cenderung mempersulit yg disabilitas atau berkebutuhan khusus seperti saya untuk mandiri di tempat2 umum, penyeberangan, gedung kampus, dll. Seperti misalnya saya, sampai sekarang sesekali masih ciut nyali dgn anak tangga, tapi saya pikir niat hati membatasi kita untuk mencari-cari alasan. Tapi biar bagaimanapun, saya masih berharap kemudahan. Saya hanya satu dari sekian banyak orang yang menyimpan harapan yg sama di negeri ini, yakni kemudahan untuk mandiri,” ungkap Sondang kepada Pak Anies.
Kini, banyak orang yang menunggu langkah2 konkrit Bapak Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah ini, sebagaimana harapapan Sondang. Di sela-sela jadwal kuliah, Sondang kini masih menjalani serangkaian perawatan medis. Dia rutin melakukan check up ke rumah sakit untuk memastikan stabilitas kondisi kesehatannya. “Saya selalu bersyukur memiliki teman-teman yang selalu membantu naik turun tangga. Seorang ayah yang senantiasa mendukung dan nenek yang selalu merawatku. Ini membuat aku terus semangat dan pantang mengeluh.
“Tak perlu menunggu orang lain untuk datang dan memotivasi dirimu, jadilah motivator untuk dirimu sendiri, kuat bukan lagi pilihan tetapi sebuah keharusan,” tutur Sondang.
SUMBER :

 

Tinggalkan Balasan

